Hit Enter to search or Esc key to close

Tentang Malang

Malang adalah kota terbesar kedua di Jawa Timur yang memiliki banyak pesona. Kawasan yang terkenal akan perkebunan buah apelnya ini menawarkan pemandangan alam serta nuansa kota yang menakjubkan. Tak hanya itu, lokasinya yang berdekatan dengan Gunung Semeru dan Taman Nasional Bromo-Tengger-Semeru membuat udara di kota ini menjadi lebih sejuk serta segar. Di balik pemandangannya yang apik, Kota Malang juga memiliki beberapa kawasan unik, salah satunya adalah Jalan Ijen dengan bangunan berarsitektur Belanda atau Kampung Wisata Jodipan – lebih dikenal sebagai Kampung Warna Warni – yang penuh akan dinding bergambar di tepi sungai. Tak lupa, sempatkanlah berkunjung ke beberapa lokasi wisata air terjun yang memukau, seperti Madakaripura, Sumber Pitu, ataupun Coban Tundo, dan lengkapi kunjungan ke Kota Malang dengan mencicipi kuliner lokalnya yang lezat.

 

Tempat Wisata di Malang

Apakah Anda tertarik untuk menyambangi dan menguak indahnya Malang ketika tiba waktu berlibur bersama keluarga nanti? Sudah tahu hendak ke mana nantinya? Jika belum, berikut rekomendasi objek wisata yang bisa Anda tuju:

1. Museum Angkut

Museum Angkut menjadi salah satu objek wisata favorit para wisatawan yang bertandang ke Malang, baik domestik maupun wisatawan mancanegara. Di sini, Anda bisa menemukan banyak sekali alat transportasi dari masa ke masa. Ada mobil-mobil klasik yang jika masih dijual akan dibanderol dengan harga yang luar biasa mahal.

Bahkan, di Museum Angkut ini, terpajang kendaraan yang dahulu selalu digunakan oleh Presiden Republik Indonesia pertama, Ir. Soekarno. Masing-masing alat transportasi dikelompokkan berdasarkan zona, jadi Anda tidak akan kesulitan jika menjelaskan pada Si Kecil.

2. Jatim Park

Tidak akan lengkap kunjungan Anda ke Malang tanpa menyambangi Jatim Park. Sekilas, taman yang begitu luas ini mirip dengan Dunia Fantasi, tetapi keseruan yang Anda dapatkan pasti berbeda dengan area bermain yang ada di ibu kota tersebut. Taman ini terbagi menjadi dua kelompok besar, yaitu Jatim Park 1 dan Jatim Park 2.

Wahana permainan air bisa Anda temukan di kawasan Jatim Park 2, sementara kehidupan hewan-hewan di alam liar tergabung menjadi satu di Jatim Park 2. Nah, jika sang buah hati ingin menyaksikan hebatnya dinosaurus dan habitatnya, Anda bisa mengajaknya ke Jatim Park 3.

3. Mata AIr Sumber Sira

Puas bermain, saatnya menenangkan diri dan pikiran sembari menyegarkan badan di Mata Air Sumber Sira. Air di kolam ini begitu jernih, sehingga Anda bisa menyapa langsung ekosistem ganggang laut di bawahnya tanpa perlu menyelam. Tenang saja, airnya sangat bersih dan segar, jadi sangat cocok untuk Anda yang ingin berenang layaknya kembali menyatu dengan alam.

4. Candi Singosari

Masih punya waktu di Malang? Wisata Malang berikutnya yang bisa Anda tuju adalah Candi Singosari. Bangunan yang sangat kental akan nuansa dan cerita sejarahnya ini menceritakan kejayaan Kerajaan Singosari, salah satu kerajaan bercorak Hindu-Budha yang masuk ke Indonesia.

Berbeda dari candi bercorak Hindu lain yang ada di Indonesia, seperti misalnya Candi Prambanan, Candi Singosari ini memiliki arsitektur bangunan yang terbilang unik, yaitu terdiri dari dua tingkatan. Tak jauh dari lokasi candi, terdapat pemandian yang diyakini pernah digunakan Ken Dedes untuk mandi.  

5. Batu Night Spectacular

Ketika malam tiba, biasanya tempat wisata memilih untuk tutup. Namun, tidak di Malang, karena Batu Night Spectacular justru baru mulai beroperasi mulai sore hingga menjelang tengah malam. Objek wisata ini masih berada di bawah operasional Jatim Park, identik dengan beragam wahana seru yang bisa Anda coba bersama keluarga dan sang buah hati.

Setidaknya, ada 25 area yang dilengkapi dengan berbagai wahana menarik, beberapa di antaranya menantang adrenalin Anda, seperti trampolin dan rumah hantu. Cahaya lampu akan begitu indah berlatarkan langit malam menjadi objek terbaik untuk lensa kamera Anda.

Kuliner di Malang

Selepas berkeliling menikmati keindahan tempat wisata di Malang, Anda tentu merasa lapar. Jangan khawatir, karena Malang juga siap menyambut Anda dengan beragam kuliner yang terkenal akan kelezatannya. Apa saja? Jangan sampai terlewat, ini daftarnya untuk Anda.

1. Sego Resek

Jika berkunjung ke Malang, jangan lupa untuk mencicipi sego resek, atau sego “sampah”. Mungkin, namanya terdengar kurang enak didengar, tetapi rasa dari kuliner khas Malang ini tidak bisa Anda ragukan. Sego resek diolah dengan menggunakan campuran rempah yang khas dan tambahan bumbu-bumbu tradisional. Anda bisa menyantapnya dengan berbagai lauk pauk.

2. Bakso Malang

Bakso memang menjadi makanan khas Malang. Oleh karena sedang berada di Malang, maka makanan berbahan dasar daging ini lebih dikenal dengan Bakso Malang. Namun, berbeda dengan bakso pada umumnya yang biasanya disajikan bersama mi kuning atau putih, bakso Malang ini memiliki beberapa jenis bakso, tahu, dan pangsit baik goreng maupun rebus.

3. Orem-Orem

Masih terasa asing dengan nama makanan khas Malang ini? Tak heran, karena orem-orem dahulu hanya disajikan ketika ada perayaan atau acara besar tertentu, seperti tasyakuran atau pernikahan. Namun, kini, Anda sudah tak kesulitan lagi untuk mencicipinya. Orem-orem sendiri merupakan campuran irisan tempe dan ayam goreng yang diolah dengan kuah santan kental. Ditambah dengan irisan ketupat dan taburan tauge, orem-orem akan terasa sedikit mirip dengan masakan sayur lodeh.

4. Rawon

Kuliner satu ini juga termasuk khas di Kota Malang. Rawon merupakan sajian yang terdiri dari rempah ditambah dengan potongan daging sapi. Kuahnya berwarna hitam karena menggunakan kluwek. Rasanya begitu gurih dan menggugah selera, terlebih jika Anda menyantapnya bersama dengan sepiring nasi putih dan segelas teh hangat.