Hit Enter to search or Esc key to close
Blog thumbnail

Coban Srengenge, 1 Lokasi 3 Air Terjun

Coban Srengenge, 1 Lokasi 3 Air Terjun

Blog thumbnail

Di beberapa artikel yang pernah saya tulis, khusus tentang coban, atau air terjun, sudah saya sampaikan bahwa Kabupaten Malang layaknya tanah 1001 coban.

Kondisi geografisnya menjadi lokasi yang tepat bagi keberadaan objek wisata coban atau air terjun. Beda coban, beda lokasi, tentu saja beda pesona keindahannya.

Coban Srengenge Malang
Coban Srengenge Malang. Google Maps. Sumber :lh5.googleusercontent.com

Seperti halnya Coban Srengenge, air terjun yang ada di Ampelgading, Kabupaten Malang. Dalam satu lokasi wisata terdapat 3 air terjun elok.

Apa saja daya tarik dari Coban Srengenge? Inilah info lengkap Coban Srengenge yang wajib anda ketahui, sebagai list destinasi wisata nanti.

Trekking Menuju Coban Srengenge

Keunikan berwisata ke sebuah objek wisata bertemakan air terjun, coban, atau curug, satu paket dengan aktivitas wisata berupa trekking.

Keindahan Trekking Di Coban Srengenge
Keindahan Trekking Di Coban Srengenge. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Begitupun saat berwisata ke Coban Srengenge. Keindahan wisata akan dimulai saat trekking menuju Coban Srengenge yang pertama.

Sebagian besar jalur trekkingnya sudah tertata secara baik. Trekking menuju Coban Srengenge tinggak dua juga sudah berbentuk anak tangga yang terbuat dari lapisan tembok, dilengkapi dengan pagar pembatas.

Namun trekking menuju Coban Srengenge ke dua cukup curam, apalagi yang ke tiga sangat curam. Para pengunjung harus selalu mengutamakan keselamatan dalam berwisata.

Jalur Trekking Coban Srengenge Malang
Jalur Trekking Coban Srengenge Malang. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Jarak dari lokasi parkir menuju Coban Srengenge yang pertama hanya sekitar 50 meter saja. Dari jalur trekking, para pengunjung bisa turun ke bawah mendekati kolam Coban Srengenge  yang pertama melalui jalur yang sudah disediakan.

Untuk menikmati seluruh spot yang ada di Coban Srengenge tersebut, maka pengunjung tidak disarankan berkunjung pada saat curah hujan sedang tinggi.

Jalur Trekking Yang Tertata Di Coban Srengenge
Jalur Trekking Yang Tertata Di Coban Srengenge. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Sejarah Penamaan Coban Srengenge

Sebuah nama tidak lahir begitu saja, ada makna dan maksud tertentu dari sebuah nama. Seperti halnya sejarah penamaan Coban Srengenge.

Pesona Sinar Matahari, Sejarah Nama Coban Srengenge
Pesona Sinar Matahari, Sejarah Nama Coban Srengenge. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Coban Srengenge mempunyai makna sinar matahari. Fenomena sinar matahari ini menunjuk kepada pesona keindahan Coban Srengenge, saat sinar matahari memantulkan pesonanya saat berpadu dengan air terjun.

Daya Tarik Dan Aktivitas Wisata Di Coban Srengenge

Terdapat beberapa daya tarik utama serta aktivitas wisata, saat pengunjung berada di kawasan Coban Srengenge. Diantaranya :

1. 3 Air Terjun

Pesona Keindahan Coban Srengenge
Pesona Keindahan Coban Srengenge. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Daya tarik utama di Coban Srengenge adalah, terdapat 3 tingkatan air terjun dalam satu kawasan. Coban Srengenge merupakan air terjun bertingkat, cukup tinggi, dengan kondisi air yang jernih.

Coban Srengenge cukup lebar, serta kolam utamanya juga cukup besar. Coban Srengenge yang paling bawah merupakan air terjun yang paling tinggi.

Kondisi Kolam Coban Srengenge
Kondisi Kolam Coban Srengenge. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Coban Srengenge yang ke dua, atau yang di tengah merupakan air terjun yang paling lebar. Para pengunjung harus lebih hati-hati saat menuju Coban Srengenge yang paling bawah.

2. View Alam Sekitar

Panorama alan sekitar Coban Srengenge merupakan daya tarik selanjutnya. View pohon-poho yang memberikan keteduhan, udara yang sejuk, semakin menambah kenikmatan wisata di Coban Srengenge.

View Alam Sekitar
View Alam Sekitar. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

3. Spot Selfie

Spot selfie yang keren, dan unik adalah tuntutan wajib saat ini bagi setiap objek wisata apapun, termasuk objek wisata alam.

Tidak ketinggalan, di lokasi Coban Srengenge terdapat beberapa spot selfie yang sangat menarik, dan cocok sebagai konten media sosial para pengunjung.

Spot Selfie Di Coban Srengenge
Spot Selfie Di Coban Srengenge. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Lokasi Coban Srengenge

Coban Srengenge terletak di Area Sawah/Kebun, Tirtomarto, Ampelgading, Malang, Jawa Timur. Sekitar 30 km dari pusat kabupaten Malang dengan waktu tempuh sekitar 1 jam perjalanan.

Rute Menuju Coban Srengenge

Unutk mencapai lokasi keberadaan air terjun yang terletak di Kabupaten Malang ini, pengunjung bisa melewati rute Dari pusat Kota Malang. Arahkan saja kendaraan menuju arah selatan. Setelah itu pengunjung akan melewati Kecamatan Bululawang, lalu ke Kecamatan Dampit.

Selepas kecamatan Dampit, kemudian ambil jalur menuju ke arah Kecamatan Ampelgading, lalu lanjutkan perjalanan ke Desa Tirtomarto dan jika sudah sampai di Dusun Sumberwangi. Setelah tiba di dusun Sumberwangi, pengunjung bisa bertanya ke warga sekitar di mana letak pastinya Coban Srengenge.

Jam Buka Coban Srengenge

  • Mengenai Jam Buka Coban Srengenge dibuka setiap hari Senin sampai Minggu.
  • Lokasi mulai buka pukul 06..00 sampai tutup pukul 17.00.

Tiket Coban Srengenge

Pengunjung COban Strengenge tidak perlu khawatir mengenai Harga Tiket Masuk. Cukup dengan membayar HTM sebesar Rp 10.000 / orang.

Fasilitas Coban Srengenge

Fasilitas Di Coban Srengenge
Fasilitas Di Coban Srengenge. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Demi kenyamanan pengunjung, pengelola Coban Srengenge Jawa timur  melakukan pembangunan berbagai kelengkapan fasilitas pendukung. Hal ini dibuktikan dengan tersedianya berbagai fasilitas umum seperti :

  • area parkir yang luas,
  • toilet,
  • mushola,
  • hingga warung makan.

Penutup

1 Lokasi, 3 Air Terjun
1 Lokasi, 3 Air Terjun. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Itulah info Coban Srengenge, selalu utamakan keselamatan dalam berwisata. Dan selalu patuhi protokol kesehatan yang sudah ditetapkan.

Mari kampanyeukan jangan membuang sampah sembarangan, karena “Sampahmu, Adalah Dosamu”.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *