Hit Enter to search or Esc key to close
Berfoto Bersama Indahnya Coban Tarzan

Air Terjun Tarzan, Coban Alami Di Kaki Gunung Bromo, Malang

Air Terjun Tarzan, Coban Alami Di Kaki Gunung Bromo, Malang

Berfoto Bersama Indahnya Coban Tarzan

Air terjun merupakan air yang mengalir dari tempat yang tinggi menuju tempat yang rendah. Jika di Jawa Barat air terjun disebut dengan Curug sedangkan di daerah jawa disebut dengan Coban.

Di Kecamatan Jabung, Malang terdapat sebuah lokasi wisata air yang bernama Air Terjun Tarzan atau Coban Tarzan. Lokasi tersebut masih satu kawasan dengan Coban Jahe dan Coban Jahe 3.

Coban Tarzan mulai dikembangkan sekitar tahun 2018 lalu, daya tarik dari coban ini ialah alamnya yang masih sangat alami. Sehingga kamu akan mendapatkan ketenangan ketika berada di Coban Tarzan, lokasinya yang tak terlalu ramai pengunjung serta deburan airnya yang membuatmu merasa rileks.

Coban Tarzan berada di kaki Gunung Bromo, sehingga memberikan panorama alam yang masih sangat alami. Penamaan Tarzan pada coban ini, bukan karena sebuah tokoh film Hollywood, melainkan seorang pria yang pernah singgah dan menetap di daerah ini sampai beliau meninggal. Nama orang tersebut ialah Pak Tarzan.

Berfoto Bersama Indahnya Coban Tarzan
Berfoto Bersama Indahnya Coban Tarzan. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

. 19 lokasi wisata populer di Malang

Simak ulasan lengkap mengenai Coban Tarzan berikut ini:

Lokasi Coban Tarzan

Lokasi Air Terjun atau Coban Tarzan berada di Desa Pandansari, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Rute Menuju Coban Tarzan

Rute menuju Coban Tarzan jika kamu bergerak dari Bandara Abdulrachman Saleh atau dari exit tol Pakis, kamu akan melakukan perjalanan sejauh 20 km. Arahnya sama seperti menuju Coban Jahe, karena memang masih berada di satu lokasi.

Jika kamu bergerak dari Kota Malang, kamu harus melajukan kendaraan menuju Jl. LA Sucipto kemudian melalui Blimbing setelah itu tibalah kamu di Tumpang atau jalur Kedungkandang. Kamu tinggal mengikuti petunjuk jalan yang ada.

Jika kamu bergerak dari Kecamatan Pakis kamu bisa melewati Jl. Ampel Dento kemudian menuju Raya Asrikaton kemudian tibalah kamu di Tumpang.

Untuk menuju Coban Tarzan sangat mudah, karena disepanjang jalan terdapat beberapa petunjuk jalan yang akan menuntunmu menuju Coban Tarzan.

Mendekati lokasi Coban Tarzan jalur sudah tidak beraspal lagi, juga kondisi jalan yang tak terlalu lebar namun masih bisa dilalui kendaraan roda empat.

Trekking Menuju Coban Tarzan

Trekking menuju Coban Tarzan sedikit menantang, dimana kamu kamu akan menapaki jalan yang masih berupa tanah. Kamu juga akan melalui jalan yang menanjak di beberapa tempat, dengan ilalang atau rumput yang cukup tinggi.

Kamu akan memulai perjalanan dengan melewati jembatan kayu yang masih sederhana, setelah itu mulai menapaki jalan diantara hamparan bunga-bunga yang sangat cantik.

Kemudian kamu akan mendaki jalan diantara semak belukar, setelah itu kamu akan menemukan persimpangan jalan yang menunjukkan arah menuju Coban Jahe 3 dan Coban Tarzan.

Petunjuk Jalan Menuju Coban Tarzan
Petunjuk Jalan Menuju Coban Tarzan. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Ambil arah ke kanan untuk menuju Coban Tarzan, trekking yang kamu lalui memakan waktu sekitar 15 sampai 20 menit dari lokasi awal. Coban Tarzan terletak sangat tersembunyi diantara semak belukar dan pepohonan yang rindang.

Jam Buka Coban Tarzan

Jam operasional Coban Tarzan dibuka setiap hari, mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 17.00

. Riau juga punya taman bunga Celosia

Tiket Coban Tarzan

Tiket masuk dan parkir Coban Tarzan yakni:

  • Tiket masuk hanya cukup membayar Rp. 10.000,- per orang, itu sudah termasuk mengakses 3 air terjun atau coban yang ada.
  • Tiket parkir motor sebesar Rp. 2.000,- per unit
  • Tiket parkir mobil sebesar Rp. 5.000,- per unit

Fasilitas Coban Tarzan

Fasilitas yang ada di Coban Tarzan diantaranya:

  • Area parkir
  • Toilet
  • Warung-warung makanan dan minuman
  • Cafe Kopi Keceh

Daya Tarik Coban Tarzan

1. Keindahan Coban Tarzan

Telah disebutkan diawal bahwa untuk menuju Coban Tarzan kamu harus melewati rute yang dibilang gampang-gampang susah. Mungkin untuk kamu yang biasa trekking jalur yang dilalui belum seberapa.

Lokasi Coban Tarzan seperti disembunyikan, dimana kamu harus melalui semak belukar yang cukup tinggi terlebih dahulu. Dan melalui jalan setapak yang masih berupa tanah.

Air Terjun Atau Coban Tarzan
Air Terjun Atau Coban Tarzan. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Namun rasa lelah itu terbayarkan dengan melihat Coban Tarzan yang mengalir dengan tenangnya. Coban ini kira-kira memiliki tinggi sekitar 12 hingga 15 meter, airnya mengalir melalui tebing batu yang berwarna hitam.

Mengalir dengan gagahnya diantara tumbuhan merambat dan airnya sangat bersih sekali. Kedalaman kolamnya pun tak terlalu dalam hanya sekitar betis orang dewasa.

Airnya terus mengalir melalui bebatuan yang terdapat di sekitar kolam. Lokasinya yang tersembunyi membuat Coban Tarzan tak terlalu ramai dikunjungi pengunjung.

Sehingga menjadikannya tempat yang tepat untuk menenangkan diri sambil menikmati suara deburan air Coban Tarzan.

Rute Menuju Coban Tarzan
Rute Menuju Coban Tarzan. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

2. Mengunjungi Coban Jahe dan Coban Kali Jahe (Coban Jahe 3)

Coban Jahe
Coban Jahe. Sumber: kabarmalang.com

. Wisata Premium di Pulau Telunas

Ketika kamu memutuskan untuk mengunjungi Coban Tarzan, kamu juga dapat menikmati keindahan dari kedua coban atau air terjun yang ada di lokasi yang sama. Yakni Coban Jahe dan Coban Kali Jahe atau Coban Jahe 3.

Untuk menuju Coban Jahe kamu harus menempuh perjalanan sekitar 300 meter dari tempat parkir, sedangkan untuk menuju Coban Kali Jahe (Coban Jahe 3) kamu harus menempuh perjalanan dengan estimasi waktu sekitar 10 menit saja.

Coban Jahe, Coban Jahe 3 serta Coban Tarzan ketiganya memiliki karakteristik coban yang berbeda. Namun keadaan ketiga coban tersebut masih sangat asri, dan layak untuk dikunjungi.

3. Menikmati Makanan Dan Minuman Di Cafe Kopi Keceh

Cafe Kopi Keceh memiliki konsep yang sangat unik sekali, dimana kursi-kursi kafe tersebut berada di area aliran sungai. Jadi ketika kamu menyantap makanan maupun minuman yang dipesan, kaki kamu bisa basah karena berendam di aliran sungai.

Cafe Kopi Keceh
Cafe Kopi Keceh. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Kapan lagi kamu dapat menikmati sensasi yang seperti ini, ditambah lokasinya dibuat seindah mungkin dengan tambahan beberapa pepohonan yang sangat cantik.

Kamu juga dapat memilih untuk duduk di dalam sebuah kapal yang terbuat dari kayu. Kapal tersebut berada lebih tinggi dari pada yang lainnya.

Juga terdapat sebuah ayunan yang terbuat dari rotan yang menggantung, kamu dapat duduk-duduk santai di ayunan tersebut sembari menikmati alam yang tersaji.

Bersantai Di Ayunan
Bersantai Di Ayunan. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

. Legoi Bay, pantai modern di Pulau Bintan

Tips Wisata

Tips wisata yang dapat saya bagikan untuk kamu ketika hendak berkunjung ke Coban atau Air Terjun Tarzan ini ialah:

  • Selalu pastikan kondisi cuaca sedang cerah, tidak mendung apalagi hujan.
  • Berhati-hatilah saat melajukan kendaraan roda empat ketika menuju Coban Tarzan karena jalannya yang tak terlalu lebar.
  • Gunakan alas kaki yang nyaman dan tidak licin.
  • Bawalah persediaan makanan dan minuman, karena di area Coban Tarzan tidak tersedia warung-warung makanan dan minuman.
  • Jaga selalu kebersihan area Coban Tarzan.
  • Hindari perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain.
  • Siapkan gadget kamu untuk mengabadikan keindahan alam Coban Tarzan.

Penutup

Alam yang masih sangat alami selalu menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung, tak perduli medan yang akan dilalui seperti apa. Hal tersebut malah akan dijadikan sebuah tantangan dan pengalaman yang tak terlupakan.

Coban atau Air Terjun Tarzan merupakan satu diantara keindahan alam Kabupaten Malang yang harus kamu nikmati dan rasakan sendiri.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *